PENCEGAHAN COVID-19 TERUS DIPERLUAS, PURA HINGGA KLENTENG DI BANYUWANGI DISEMPROT DISINFEKTAN

BANYUWANGI  – Upaya pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi terus diintensifkan. Kali ini, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) turun langsung melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat, Rabu (18/03/2020). Penyemprotan telah dilakukan di pura, klenteng, masjid, gereja, dan berbagai fasilitas dan ruang publik.

Para forpimda yang turut serta melakukan penyemprotan adalah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kapolresta banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Infanteri Yuli Eko Purwanto, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, dan Kajari Banyuwangi Mohamad Mikroj.

”Sterilisasi tempat ibadah lintas agama terus dilakukan. Bahkan hari ini para Forpimda turun langsung. Ini untuk menunjukkan kepada publik bahwa dengan gotong royong, kita bisa melewati situasi ini, kita bisa mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas seusai melakukan penyemprotan di Klenteng Hoo Tong Bio, Banyuwangi.

Setelah dari Klenteng Hoong Tong Bio, penyemprotan dilanjutkan ke Pura Puseh Patoman, Blimbingsari. Secara bersamaan, berbagai ruang dan fasilitas publik serta kantor pelayanan publik termasuk balai desa di Banyuwangi juga disemprot disinfektan.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono menambahkan, masyarakat bisa melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri. Cara membuatnya cukup mudah dan murah dengan bahan-bahan yang dapat dibeli secara bebas. Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), untuk membuat disinfektan bisa menggunakan cairan pemutih dengan air saja. Untuk takaran air satu liter cukup dicampur dengan 4 sendok teh cairan pemutih.

Tuang larutan desinfektan  tersebut dalam botol semprot untuk membersihkan sudut rumah yang kotor atau bagian yang sering disentuh seperti gagang pintu, meja, kamar mandi, dan sebagainya. Larutan tersebut dapat membantu untuk membunuh virus.

“Jika gerakan ini dapat berjalan secara masif, insyallah Banyuwangi dapat terhindar dari virus Corona ini,” harap dr Rio, sapaan akrab Widji Lestariono.

Selain menggerakkan masyarakat untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri, Bupati Anas juga memerintahkan untuk melakukan penyemprotan di sejumlah kantor instansi, perhotelan, perbankan dan fasilitas umum untuk melakukan penyemprotan secara berkala. (banyuwangikab).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

BANDARA BANYUWANGI KEMBALI DITUTUP, 7 PENERBANGAN TERIMBAS

Banyuwangi – Bandara Banyuwangi kembali menutup sementara penerbangan ke berbagai kota. Namun dua penebangan Citilink sudah dilakukan dari Surabaya dan ke Denpasar. Penutupan Bandara Banyuwangi berdasar NOTAMN B0192/21. Bandara ditutup sementara selama 6 jam, mulai 08.37 Wib – 14.37 WIB, Senin (8/2/2021). Hal itu disampaikan Eksekutif General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II KC Bandara […]

SIM KELILING, MANGKAL DI KANTOR CAMAT WONGSOREJO TIAP HARI RABU

WONGSOREJO – Bertempat di halaman kantor kecamatan Wongsorejo, saat ini, Rabu, (3/2/2021), pagi. Dilaksanakan kegiatan pelayanan perpanjangan SIM On line, SIM A dan SIM C oleh SATPAS Banyuwangi. ” Bagi masyarakat yang akan memperpanjang SIM, wajib membawa SIM yang lama dan fotocopi e-KTP “. Kata Baursim SATPAS Banyuwangi, Bripka Putu Yuli, melalui Aiptu Eko Supriyo. […]