WADUH, ADA CELAH WHATSAPP WEB UNTUK CURI FILE DARI PC

Jakarta – WhatsApp mengakui keberadaan celah pada sistemnya yang membuat hacker bisa mencuri file dari PC pengguna WhatsApp. Ini adalah kesekian kalinya ada bug di aplikasi messaging terpopuler dunia itu.

Celah tersebut bisa dieksploitasi setelah korban mengklik sebuah link preview yang dikirimkan lewat platform pengiriman pesan tersebut, demikian dikutip detikINET dari Mashable, Kamis (6/2/2020).

Untungnya, celah ini tak dialami oleh semua pengguna WhatsApp, melainkan hanya pengguna WhatsApp di iOS yang menghubungkan WhatsApp-nya itu dengan aplikasi WhatsApp desktop atau WhatsApp Web di PC ataupun MacOS.

DENGARKAN PLANET FM MELALUI STREAMING :  https://radioplanetfm.com
BIO MORINGA JAMU TETES YANG BAGUS UNTUK MENYEMBUHKAN KELUHAN SAKIT ANDA

 

 

Celah ini ditemukan oleh Gal Weizman, seorang peneliti keamanan, yang sudah melaporkan temuannya ini secara detail, dan memaksa WhatsApp untuk segera menambal celah tersebut.

“Ini sudah 2020. Seharusnya tak ada produk yang dibolehkan untuk mengakses file system secara penuh dan berpotensi (dieksekusi) dari sebuah pesan tunggal,” tulis Weizman.

Seorang peneliti keamanan lain bernama Patrick Wardle ikut berkomentar soal hal ini. Menurutnya, seringkali aplikasi versi desktop tak diaudit secara baik, yang menyebabkan munculnya celah semacam ini.

Menurutnya celah ini agak merepotkan untuk dieksploitasi, namun bisa menyebabkan kepanikan pada pengguna WhatsApp. Meski begitu, ia mengaku tetap senang kalau ada peneliti keamanan yang menemukan celah tersebut karena berpotensi punya dampak besar terhadap pengguna WhatsApp.

Perlu diingat, celah ini bukan bukan satu-satunya masalah keamanan yang dialami WhatsApp. Ada banyak celah lain yang sudah terungkap, dan salah satu masalah keamanan yang belakangan populer adalah peretasan ponsel CEO Amazon Jeff Bezos setelah menerima pesan berisi malware lewat WhatsApp.[detikinet]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

BANDARA BANYUWANGI KEMBALI DITUTUP, 7 PENERBANGAN TERIMBAS

Banyuwangi – Bandara Banyuwangi kembali menutup sementara penerbangan ke berbagai kota. Namun dua penebangan Citilink sudah dilakukan dari Surabaya dan ke Denpasar. Penutupan Bandara Banyuwangi berdasar NOTAMN B0192/21. Bandara ditutup sementara selama 6 jam, mulai 08.37 Wib – 14.37 WIB, Senin (8/2/2021). Hal itu disampaikan Eksekutif General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II KC Bandara […]

SIM KELILING, MANGKAL DI KANTOR CAMAT WONGSOREJO TIAP HARI RABU

WONGSOREJO – Bertempat di halaman kantor kecamatan Wongsorejo, saat ini, Rabu, (3/2/2021), pagi. Dilaksanakan kegiatan pelayanan perpanjangan SIM On line, SIM A dan SIM C oleh SATPAS Banyuwangi. ” Bagi masyarakat yang akan memperpanjang SIM, wajib membawa SIM yang lama dan fotocopi e-KTP “. Kata Baursim SATPAS Banyuwangi, Bripka Putu Yuli, melalui Aiptu Eko Supriyo. […]