WADUH, ADA CELAH WHATSAPP WEB UNTUK CURI FILE DARI PC

Jakarta – WhatsApp mengakui keberadaan celah pada sistemnya yang membuat hacker bisa mencuri file dari PC pengguna WhatsApp. Ini adalah kesekian kalinya ada bug di aplikasi messaging terpopuler dunia itu.

Celah tersebut bisa dieksploitasi setelah korban mengklik sebuah link preview yang dikirimkan lewat platform pengiriman pesan tersebut, demikian dikutip detikINET dari Mashable, Kamis (6/2/2020).

Untungnya, celah ini tak dialami oleh semua pengguna WhatsApp, melainkan hanya pengguna WhatsApp di iOS yang menghubungkan WhatsApp-nya itu dengan aplikasi WhatsApp desktop atau WhatsApp Web di PC ataupun MacOS.

DENGARKAN PLANET FM MELALUI STREAMING :  https://radioplanetfm.com
BIO MORINGA JAMU TETES YANG BAGUS UNTUK MENYEMBUHKAN KELUHAN SAKIT ANDA

 

 

Celah ini ditemukan oleh Gal Weizman, seorang peneliti keamanan, yang sudah melaporkan temuannya ini secara detail, dan memaksa WhatsApp untuk segera menambal celah tersebut.

“Ini sudah 2020. Seharusnya tak ada produk yang dibolehkan untuk mengakses file system secara penuh dan berpotensi (dieksekusi) dari sebuah pesan tunggal,” tulis Weizman.

Seorang peneliti keamanan lain bernama Patrick Wardle ikut berkomentar soal hal ini. Menurutnya, seringkali aplikasi versi desktop tak diaudit secara baik, yang menyebabkan munculnya celah semacam ini.

Menurutnya celah ini agak merepotkan untuk dieksploitasi, namun bisa menyebabkan kepanikan pada pengguna WhatsApp. Meski begitu, ia mengaku tetap senang kalau ada peneliti keamanan yang menemukan celah tersebut karena berpotensi punya dampak besar terhadap pengguna WhatsApp.

Perlu diingat, celah ini bukan bukan satu-satunya masalah keamanan yang dialami WhatsApp. Ada banyak celah lain yang sudah terungkap, dan salah satu masalah keamanan yang belakangan populer adalah peretasan ponsel CEO Amazon Jeff Bezos setelah menerima pesan berisi malware lewat WhatsApp.[detikinet]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Pemkab Banyuwangi Akan membuat Kawasan Hortikultura Organik di dukung Bank Indonesia

BANYUWANGI – Sektor pertanian menjadi salah satu andalan Banyuwangi. Bahkan pertanian merupakan penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yakni 30 persen. Untuk semakin memperkuat sektor tersebut, Bank Indonesia (BI) bersama Pemkab Banyuwangi bakal mengembangkan kawasan pertanian hortikultura organik. Kepala Perwakilan BI Jember Hestu Wibowo mengatakan, Banyuwangi bisa mengembangkan satu wilayah yang khusus mengembangkan pertanian […]

Bupati dan Wabup Banyuwangi Ikuti Peringatan Harkitnas Virtual

BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Wakil Bupati Sugirah mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 113 secara virtual dari Banyuwangi, Kamis pagi (20/5/2021). Kasdim 0825/Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan, Palaksa Lanal Banyuwangi Mayor Laut (T) Hari Handoko, Wakapolresta Banyuwangi AKBP Kusumo Wahyu Bintoro, SH, SIK, Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi Nova Flory Bunda, […]