VIRUS CORONA MENYEBAR, PENANGKALNYA MAKANAN SEDERHANA YANG ADA DI SEKITAR KITA

JAKARTA — Hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh masih menjadi cara yang paling ampuh dalam menghadapi novel corona virus atau virus corona.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh ini bisa dibantu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Puteri Aisyaffa, Nutrition Expert YOUVIT menjelaskan kandungan makanan yang bisa membangun imunitas tubuh adalah makanan yang mengandung protein, vitamin, dan lemak.

Tahu tempe

Tahu tempe ()

1. Protein

Protein yang terkandung pada protein nabati seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, serta protein hewani dalam kelompok daging-dagingan ternyata dapat menjaga ketahanan tubuh dari infeksi.

“Hal ini disebabkan karena sebagian besar mekanisme kekebalan bergantung pada produksi senyawa protein aktif,” tutur Puteri melalui keterangan tertulisnya, Rabu (5/2/2020).

Petani memanen kacang panjang
Petani memanen kacang panjang (BERITA DAERAH)

2. Vitamin A, B, dan C

Tubuh juga membutuhkan vitamin a, b, dan c untuk dapat menjaga tubuh dari kondisi inflamasi (peradangan) sehingga sel imun bisa bekerja dengan maksimal dalam tubuh.

Kalau tubuh kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan perubahan imun dalam tubuh yang dapat meningkatkan penyakit infeksi dan juga angka kematian.

Sementara Vitamin B dikenal sebagai vitamin yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan mempengaruhi resistensi penyakit sel dan respon imun yang baik.

Sementara vitamin C diketahui sebagai antioksidan dan berfungsi untuk melindungi sel-sel di dalam tubuh

“Ketiga vitamin ini dapat kita peroleh dalam berbagai sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga daging-dagingan,” ucap Puteri.

3. Lemak

Tubuh pun membutuhkan lemak untuk membantu menjaga imunitas tubuh terutama lemak yang dapat melakukan tugas tersebut adalah PUFA (Poly Unsaturated Fatty Acid) seperti Omega-3 dan Omega-6.

Jenis bahan makanan yang mengandung lemak PUFA dapat ditemukan pada ikan air laut, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

Hida Beef, salah satu daging sapi terenak Jepang.

4. Mineral

Jangan lupa juga untuk memperhatikan asupan mineral jenis zink, tembaga, dan selenium yang juga dapat menururunkan risiko infeksi.

Makanan yang mengndung mineral ini bisa ditemukan pada kacang-kacangan, kuning telur, dan daging.

Terdapat juga pada kentang, sayuran hijau, gandum, jamur, daging, dan berbagai jenis ikan.

“Itu berfungsi sebagai penghalang masuknya patogen infeksius ke dalam tubuh dengan membantu meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh,” pungkas Puteri.[tribun.com].

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Bupati dan Wabup Banyuwangi Ikuti Peringatan Harkitnas Virtual

BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Wakil Bupati Sugirah mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 113 secara virtual dari Banyuwangi, Kamis pagi (20/5/2021). Kasdim 0825/Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan, Palaksa Lanal Banyuwangi Mayor Laut (T) Hari Handoko, Wakapolresta Banyuwangi AKBP Kusumo Wahyu Bintoro, SH, SIK, Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi Nova Flory Bunda, […]

Wabup Banyuwangi Sugirah, Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Lansia

BANYUWANGI – Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah meninjau pelaksanaan vaksinasi covid 19 bagi warga lanjut usia (lansia). di Balai Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Rabu (19/5/2021). Banyuwangi menargetkan vaksinasi untuk lansia tuntas akhir Juni tahun ini. 150 ribu lansia sebagai sasaran vaksin covid 19. yang pelaksanaannya dilakukan secara serentak oleh 45 puskesmas, dimulai sejak Senin (17/5/2021). […]